Kamis, 14 Juli 2011

contoh soal peng. akuntabsi 1.2


Transaksi berikut ini dilakukan oleh Plaza Theatre Corporation selama bulan Mei 2000.
Mei
3          Menerima dan memasukkan uang yang diterima dari pemegang saham (Stockholders) ke dalam rekening bank sebesar Rp. 300.000.000,
5          Membeli Taman Hiburan "Bahagia" seharga Rp. 300.000.000,- dengan perincian sebagai berikut: Equipment Rp. 60.000.000,- Building, Rp. 172.000.000,- Land Rp. 68.000.000,- Membayar tunai Rp. 200.000.000,- dan memberi sebuah hipotek (mortgage notes) untuk kekurangannya.
6.         Membayar iklan surat kabar untuk bulan Mei 2000 RP. 1.500.000;
7          Membeli perlengkapan (supplies), Rp..1.200.000,- dan peralatan (Equipment), Rp. 5.000.000,- dengan kredit.
8          Membayar premi asuransi kebakaran Rp. 4.800.000,- untuk jangka waktu 6 bulan.
10        Menerima tunai hasil penjualan karcis (admission) untuk minggu 1, Rp. 32.000.000,
12        Mcmbayar rupa-rupa beban (miscellaneous), Rp. 300.000,
14        Membayar upah (wages) setengah bulanan Rp. 11.100.000,
16        Telah dibuat kontrak untuk membuka Capetaria dengan sewa ditetapkan 10% dari hasil penjualan sipenyelenggara dengan dijamin paling sedikit Rp. 900.000,per bulan pembayaran di muka. Telah diterima uang Rp. 450.000,- sebagai pembayaran di muka untuk setengah bulan.
l7         Jumlah penerimaan hasil pcnjualan karcis untuk minggu kedua. Rp. 16.500.000,
18        Membayar rupa-rupa beban Rp. 250.000,
20        Mengembalikan sebagian peralatan (Equipment) yang telah dibeli pada tanggal 7 Mei 2000 kepada si penjualan serta menerima penghapusan utang sepenuhnya harga Rp. 700.000,-.
21        Membayar tunai kepada kreditur, Rp. 5.000.000,
24        Menerima uang dari hasil penjualan karcis minggu ketiga Rp. 28.900.000,
25        Membeli perlengkapan (Supplies), Rp. 300.000,- dengan tunai.
26        Membayar reklame untuk bulan Mei  Rp. 900.000,
27        Diterima dan dicatat rekening/faktur sebesar Rp. 17.800.000.- untuk sewa film bulan Mei, pembayaran jatuh pada tanggal 7 Juni.
28        Membayar rckening listrik dan air Rp. 2.500.000,
31        Membayar upah untuk setengah bulan, Rp. 12.200.000,-
31        Diterima hasil penjualan karcis minggu terakhir Rp. 21.300.000,
31        Mencatat jumlah tambahan yang terutang oleh si pengelola cafetaria untuk setengah bulan. Penjualan untuk setengah bulan Mei berjumlah Rp. 7.000.000, Hasil ini sebagian telah diterima pada tanggal 16 Mei.
Diminta:
A.Buatlah buku besar 3 kolom untuk Plaza Theatre Co. dengan memakai judul dan nomor perkiraan sebabai berikut:
 Kas                                                     11 ;
Piutang Dagang                         12
Asuransi dibayar dimuka                       13,
Perlengkapan                                        14
Peralatan                                              16
 Gedung                                               18
Tanah                                                   19;
Hutang Dagang                         21 :
Hutang Hipotik                         24,
 Pendapatan Pengelola              42:
Pendapatan Administrasi                       41
Modal                                                  31
Biaya Upah                                          51      
Biaya sewa film                         52
Biaya Iklan                                           53
 Biaya Listrik & air                               54
Biaya Rupa-rupa                                  59
B. Catatlah transaksi tersebut ke dalam jurnal dua kolom.
C. Masukkanlah jurna!-jurnal tersebut ke dalam buku besar dan selanjutnya tentukan saldo-saldo pada akhir bulan setelah seluruh Transaksi-transaksi di atas dicatat.
D. Siapkanlah Trial Balance per 31 Mei 2000.
Hitunglah:
1. Seluruh pendapatan yang tercatat di dalam buku besar.
2. Seluruh Expense yang tercatat di dalam buku besar.
3. Berapa jumlah pendapatan bersih (net Income), dengan catatan perlu ditambahkan data antara lain:
Biaya perlengkapan, Rp. 500.000,; biaya asuransi, Rp. 280.000,-; biaya penyusutan peralatan, Rp. 75.000,-; biaya penyusustan gedung, Rp. 340.000,-

Latihan 3
Pada tanggal 1 Oktober 2004 Prabu mendirikan suatu perusahaan dengan nama "Rumah Usaha".
Transaksi yang terjadi selama bulan Oktober 2004 tergambar sebagai berikut:
1.      Memulai usaha perusahaan dengan mendepositokan uangnya ke bank sebesar Rp. 45.000.000,-.
2.       Membayar sewa kantor perusahaan (rent expense) untuk bulan Oktober  Rp. 700.000,
3.      Membeli bermacam-macam peralatan (equipment) antara lain: meja tulis, kursi, lemari arsip dan lain-lain seharga Rp. 3.500.000,-. Dari jumlah ini dibayar tunai Rp. 2.000.000,- dan sisanya dengan kredit.
4.      Membeli rupa-rupa perlengkapan (supplies) antara lain pulpen, pensil, perangko dan lain-lainnya yang berjumlah Rp. 430.000,secara tunai.
5.       Diterima tunai komisi penjualan (sales commisions) Rp. 6.550.000,
6.      Membayar hutang kepada kreditur Rp. 560.000,
7.      Selama bulan Oktober telah dibayar beban-beban pengangkutan (automobil expense) Rp. 800.000,- dan "bermacam-macam beban" (miscellaneous expense) sebesar Rp220.000,-.
8.      Diambil oleh tuan Anwar uang tunai untuk keperluan pribadi (personal used) Rp. 720.000,-.
9.      Penyusutan atas peralatan (depreciation) ditaksir Rp. 80.000,
10.   Dengan mengadakan perhitungan barang-barang (inventarisasi) diketahui bahwa Biaya perlengkapan yang dipakai (the cost of supplies used) berjumlah Rp. 390.000,-.   
Diminta:
1. Buatlah jurnal umum dua kolom,buku besar dan Neraca Saldo
2. Buatlah laporan rugi/laba (income statement) untuk bulan Oktober 2004 dan Neraca (Balance sheet) serta "Laporan perubahan modal" (Capital statement) pada tanggal 31 Oktober 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar