IKHTISAR AKHIR TAHUN
Walaupun dalam pelaksanaannya banyak perusahaan yang membuat laporan sementara untuk setiap bulan, triwulan atau semester. Tetapi pada setiap akhir tahun seluruh kegiatan perusahaan dalam tahun yang bersangkutan diikhtisarkan dan dilaporkan agar dapat digunakan oleh pemimpin perusahaan,pemilik perusahaan, kreditur dan yang berkepentingan
Langkah-langkah yang dilakukan pada Akhir tahun untuk membuat laporan ikhtisar mungkin berbeda-beda ,tetapi pada umumnya dilakukan lagkah-langkah sebagai berikut :
Ø Mempersiapkan Trial Balance yang angkanya diambil dari general ledger.
Ø Menentukan setiap buku besar pembantu telah cocok dengan perkiraan pengendali(controlling account) dalam general ledger
Ø Perkiraan-perkiraan yang yang ada diperiksa guna menentukan perkiraan-perkiraan mana saja yang, memerlukan penyesuaian, karena itu terlebih dulu harus mengumpulkan data yang diiperlukan untuk melaksanakan Penyesuaian tersebut.
Ø Membuat laporan keuangan (Financial Statements) dari data yang terdapat di dalam work- sheet (Kertas keija).
Ø Membuat Work Sheet dari Trial Balance yang belum diadakan penyesuaian dengan data yang telah tcrsedia.
Ø Mencatat ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries) dan memasukkannya ke dalam General Ledger.ada 2 keadaan pembuatan ayat jurnal penyesuaian:
- suatu transaksi telah dicatat dalam perkiraan, tetapi saldonya perlu dilakukan koreksi
- suatu transaksi telah terjadi, tetapi belum dicatat kedalam perkiraan
TUJUAN PEMBUATAN KERTAS KERJA.
Bentuk kertas kerja adalah suatu kertas berkolom-kolom yang sccara khusus menghimpun semua data akuntansi perusahaan. Dikarenakan bentuknya berlajur-lajur, maka sering disebut Neraca lajur .
Kertas kerja adalah alat pembantu guna menyusun laporan keuangan (Financial statement). Dikarenakan kertas kerja bukan merupakan bagian dan catatan akuntansi yang resmi,sehingga Penyusunannya dapat dilakukan dengan pensil dengan tujuan agar mudah diperbaiki bila dibutuhkan.
Tahap-tahap penyusunan Kertas kerja.
Ø Menyiapkan Neraca Saldo
Ø Buat data penyesuaian dan buatlah jurnal penyesuaiannya
Ø Masukkan ayat jurnal penyesuaian ke dalam kertas kerja pada kolom Penyesuaian
Ø Jumlahkan atau kurangkan Nilai Neraca saldo dengan penyesuaian ( menghasilkan Neraca Saldo disesuaikan
- Pisahkan Nilai yang telah ada pada Neraca Saldo disesuaikan menjadi Neraca (Pos Aktiva ,utang dan modal ) dan Rugi laba ( Pendapatan dan biaya-biaya)
Sebagai Contoh :
Pada tanggal 31 Desember 2001 saldo dari perusahaan jasa servis computer “ Mafaza “ untuk periode satu tahun adalah sebagai berikut :
| | | |
| Neraca Saldo | | dlm ribuan |
no | Perkiraan | Debit | kredit |
1 | Kas | 6480 | |
2 | Perlengkapan | 1120 | |
3 | Sewa dibayar dimuka | 7200 | |
4 | Peralatan | 20200 | |
5 | akumulasi Penyusutan | | 1280 |
6 | hutang dagang | | 1200 |
7 | Modal Abu | | 20120 |
8 | Penarikan pribadi | 1000 | |
9 | Pendapatan Jasa | | 41200 |
10 | biaya gaji | 21400 | |
11 | biaya listrik | 2080 | |
12 | biaya iklan | 2880 | |
13 | biaya keamanan &kebersihan | 920 | |
14 | biaya rupa-rupa | 520 | |
| | 63800 | 63800 |
| | | |
| | | |
Informasi yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian adalah sebagai berikut :
- Jumlah persediaan perlengkapan pada tanggal 31 Desember adalah Rp 320.000
- Sewa yang telah dijalani sampai 31 Desember Rp 2.400.000
- Beban penyusutan peralatan dihitung sebesar Rp 1.500.000
- Beban listrik untuk bulan desember Rp 180.000
- masih harus dibayar gaji pegawai Rp 750.000
Ayat jurnal penyesuai untuk informasi di atas adalah sebagai berikut :
Keterangan | Debit | Kredit |
Beban perlengkapan | 800.000 | |
Perlengkapan | | 800.000 |
Beban sewa | 2.400.000 | |
Sewa dibayar dimuka | | 2.400.000 |
Beban Penyusutan Peralatan | 1.500.000 | |
Akumulasi Peny. Peralatan | | 1.500.000 |
Beban Listrik | 180.000 | |
Hutang listrik | | 180.000 |
Beban Gaji | 750.000 | |
Hutang Gaji | | 750.000 |
Keterangan:
Untuk perlengkapan nilai sebesar Rp 800.000 didapat dari Lihat pada Neraca Saldo nilai perlengkapan per 31 Desember adalah Rp 1.120.000.Sedangkan pada penyesuai yang dijurnal adalah nilai yang habis pakai yaitu Rp 1.120.000 – Rp 320.000= Rp 800.00
Berikut ini penyajian Kertas Kerja
Keterangan | Debit | Kredit |
Beban perlengkapan | 800.000 | |
Perlengkapan | | 800.000 |
Beban sewa | 2.400.000 | |
Sewa dibayar dimuka | | 2.400.000 |
Beban Penyusutan Peralatan | 1.500.000 | |
Akumulasi Peny. Peralatan | | 1.500.000 |
Beban Listrik | 180.000 | |
Hutang listrik | | 180.000 |
Beban Gaji | 750.000 | |
Hutang Gaji | | 750.000 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar