Kamis, 28 April 2011

WORKSHEET


IKHTISAR AKHIR TAHUN
Walaupun dalam pelaksanaannya banyak perusahaan yang membuat laporan sementara untuk setiap bulan, triwulan atau semester. Tetapi pada setiap akhir tahun seluruh kegiatan perusahaan dalam  tahun yang bersangkutan diikhtisarkan dan dilaporkan agar dapat digunakan oleh pemimpin perusahaan,pemilik perusahaan, kreditur dan yang berkepentingan
Langkah-langkah yang dilakukan pada Akhir tahun untuk membuat laporan  ikhtisar mungkin berbeda-beda ,tetapi pada umumnya dilakukan lagkah-langkah sebagai berikut :    
Ø      Mempersiapkan Trial Balance yang  angkanya diambil dari general ledger.
Ø       Menentukan setiap buku besar  pembantu telah cocok dengan perkiraan pengendali(controlling account) dalam general ledger
Ø      Perkiraan-perkiraan yang yang ada diperiksa guna menentukan perkiraan-perkiraan mana saja yang, memerlukan penyesuaian, karena itu terlebih dulu harus mengumpulkan data  yang diiperlukan untuk melaksanakan Penyesuaian tersebut.
Ø      Membuat  laporan keuangan (Financial Statements) dari data yang terdapat di dalam work- sheet (Kertas keija).
Ø       Membuat Work Sheet dari Trial Balance yang belum diadakan penyesuaian dengan data yang telah tcrsedia.
Ø      Mencatat ayat jurnal penyesuaian (adjusting entries) dan memasukkannya ke dalam General Ledger.ada 2 keadaan pembuatan ayat jurnal penyesuaian:
-         suatu transaksi telah dicatat dalam perkiraan, tetapi saldonya perlu dilakukan koreksi
-         suatu transaksi telah terjadi, tetapi belum dicatat kedalam perkiraan

TUJUAN PEMBUATAN KERTAS KERJA.
Bentuk kertas kerja adalah suatu kertas berkolom-kolom yang sccara khusus menghimpun semua data akuntansi perusahaan. Dikarenakan bentuknya berlajur-lajur, maka sering disebut Neraca lajur .
Kertas kerja adalah alat pembantu guna menyusun laporan keuangan (Financial statement). Dikarenakan kertas kerja bukan merupakan bagian dan catatan akuntansi yang resmi,sehingga Penyusunannya dapat dilakukan dengan pensil dengan tujuan agar mudah diperbaiki bila dibutuhkan.
Tahap-tahap penyusunan Kertas kerja.
Ø      Menyiapkan Neraca Saldo
Ø      Buat data penyesuaian dan buatlah jurnal penyesuaiannya
Ø      Masukkan ayat jurnal penyesuaian ke dalam kertas kerja pada kolom Penyesuaian
Ø      Jumlahkan atau kurangkan Nilai Neraca saldo dengan penyesuaian ( menghasilkan Neraca Saldo disesuaikan
  1. Pisahkan Nilai yang telah ada pada Neraca Saldo disesuaikan menjadi Neraca (Pos Aktiva ,utang dan modal ) dan Rugi laba ( Pendapatan dan biaya-biaya)
Sebagai Contoh :
Pada tanggal 31 Desember 2001 saldo dari perusahaan jasa servis computer “ Mafaza “ untuk periode satu tahun adalah sebagai berikut :





Neraca Saldo

dlm ribuan
no
Perkiraan
Debit
kredit
1
Kas
6480

2
Perlengkapan
1120

3
Sewa dibayar dimuka
7200

4
Peralatan
20200

5
akumulasi Penyusutan

1280
6
hutang dagang

1200
7
Modal Abu

20120
8
Penarikan pribadi
1000

9
Pendapatan Jasa

41200
 10
biaya gaji
21400

 11
biaya listrik
2080

 12
biaya iklan
2880

 13
biaya keamanan &kebersihan
920

 14
biaya rupa-rupa
520



63800
63800









Informasi yang dibutuhkan untuk melakukan penyesuaian adalah sebagai berikut :
  1. Jumlah persediaan perlengkapan pada tanggal 31 Desember adalah Rp 320.000
  2. Sewa yang telah dijalani sampai 31 Desember Rp 2.400.000
  3. Beban penyusutan peralatan dihitung sebesar Rp 1.500.000
  4. Beban listrik untuk bulan desember Rp 180.000
  5. masih harus dibayar gaji pegawai Rp 750.000
Ayat jurnal penyesuai untuk informasi di atas adalah sebagai berikut :


Keterangan
Debit
Kredit
Beban perlengkapan
800.000

    Perlengkapan

800.000
Beban sewa
2.400.000

Sewa dibayar dimuka

2.400.000
Beban Penyusutan Peralatan
1.500.000

Akumulasi Peny. Peralatan

1.500.000
Beban Listrik
180.000

Hutang listrik

180.000
Beban Gaji
750.000

Hutang Gaji

750.000

Keterangan:
 Untuk perlengkapan nilai sebesar Rp 800.000 didapat dari Lihat pada Neraca Saldo nilai perlengkapan per 31 Desember adalah Rp 1.120.000.Sedangkan pada penyesuai yang dijurnal adalah nilai yang habis pakai yaitu Rp 1.120.000 – Rp 320.000= Rp 800.00
Berikut ini penyajian Kertas Kerja









Keterangan
Debit
Kredit
Beban perlengkapan
800.000

    Perlengkapan

800.000
Beban sewa
2.400.000

Sewa dibayar dimuka

2.400.000
Beban Penyusutan Peralatan
1.500.000

Akumulasi Peny. Peralatan

1.500.000
Beban Listrik
180.000

Hutang listrik

180.000
Beban Gaji
750.000

Hutang Gaji

750.000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar